"Tolak" (Naskah Drama Bahasa Manado dimainkan oleh 4 orang)

Cat: mementaskan naskah drama ini harus seizin penulis.

Sebuah panggung. Meja, kursi, peralatan kantor, beserta tumpukan kertas. Ungke memasuki panggung dengan memegang sebuah amplop. Ia mondar-mandir di sekitar ruangan. Memandang amplop di tangannya dengan gelagat tak biasa, antara bimbang, gelisah, bingung. Tiba-tiba warna mukanya berubah. Ia menggeram naik pitam. Wajahnya dipenuhi amarah. Ia menggebrak meja lalu menuding-nuding amplop di tangannya.

UNGKE
(geram)
Cukurungan.. jadi dang, tiap hari kita lalah-lalah, korbankan jiwa deng tenaga, cuma for ini kertas-kertas soe ini? Stiap hari kita pe suar tacurah-curah cuma demi mo dapa ini lembaran-lembaran omongkosong ini? (menggeleng-geleng tak percaya lalu menunjuk-nunjuk amplop) bangsat!, ngana memang bangsat, ngana brengsek, ngana iblis! Kita nda rela ngana perbudak. Kita tolak pa ngana!!

Pegawai I dan pegawai II memasuki panggung.

Pegawai II
(panik)
Ungke... kiapa kasiang ngana? Masih pagi so beking kerusuhan.

Pegawai I
(ikut-ikutan panik namun tak bisa berkata-kata, lalu mendesis dengan lagak konyol di sebelah perempuan)
Eh, kage karna blum smokol sto.

Pegawai II
Ato.. jangan-jangan kesurupan sto.

Ungke
Apa ngoni bilang ? kesurupan? Ngoni tu kesurupan!! Kita ini manusia paling sehat. Justru karena kita masih sehat, kita memberontak!!. ngoni itu nintau (menunjuk-nunjuk ke arah pegawai I dan II) ngoni selama ini so diperbudak oleh benda sialan ini. (menuding amplop)

Pegawai I
Ungke.. sabar Ungke, nanti bos mo veto pa ngana.

Ungke semakin naik pitam. Ia melompat di atas meja, membuat kegaduhan.

Ungke
(merobek amplop, dan melemparkan sebagian uang di dalamnya)
he, napa ni doi, makang ngoni ni doi. Ha..ha..ha.. (pegawai I dan II berebutan menangkap uang yang berhamburan di udara) Ngoni dengar bae-bae ne, mulai hari ini kita nyanda perlu mo dapa gaji. Mulai hari ini kita menolak menjadi budak! Ada dengar ngoni monyet-monyet?! (berkeliaran di sekitar ruangan sambil membuat gaduh) mulai hari ini.. (berteriak keras berkali-kali) kita menolak menjadi budak!!!, ngoni masih suka doi?

Pegawai I dan II
(Menjawab serentak namun malu-malu)
Suka!!

Ungke
Oke. Mar ngoni musti bataria kras-kras. Hidup doi, hidup doi, setuju?

Pegawai I dan II
Setuju!!

Ungke
(menghamburkan di udara sisa uang di tangannya)
Napa, kunyah bae-bae ni doi!..Ha..ha...ha...

Pegawai I dan II
(saling berebutan lembaran uang yang berhamburan di udara)
hidup doi, hidup doi!!!

Direktur mendadak memasuki panggung.

Direktur
Ungke... (berteriak panjang) ada apa ini! (berjalan sambil memegang pinggang) Halo.....? adakah seseorang yang bisa menjelaskan kericuhan apa yang sedang terjadi? (Pegawai I dan II tersipu, antara malu dan panik) Ungke, boleh nda mo turun dari atas meja?!

Ungke
Boleh bos, Mar kita nimau!!

Direktur
Kiapa kasiang, tolong jelaskan Ungke!!

Ungke
Depe jawaban panjang deng rumit bos. Nyanda perlu kita jelaskan. Mo jelaskan percuma le, bos nyanda akan mengarti....

Direktur
(membuang amarahnya dan mulai membujuk)
Kiapa nyanda? Torang bole mo bicarakan di ruangan laeng kong...

Ungke
(memotong cepat)
Nyanda bos. Jang coba-coba babuju. Hari ini kita menolak gaji, menolak iko bos pe mau, bos pe prenta. Pokoknya menolak apa saja yang seharusnya terjadi. Kita nyanda suka keadaan ini. Kita binci!

Direktur
(mendekat sambil memasang wajah bijaksana)
Ungke,.. ngana suka mo cuti?, ngana boleh ambe cuti besar. Cuti jo barang satu bulan. Ngana so bakarja di sini dua belas tahun.

Ungke
(kembali naik pitam dan menghempaskan ke lantai tumpukan kertas di atas meja)
Apa?.. cuti? Bos bilang tadi cuti? Cuti setelah dua belas tahun bekerja? Ha..ha..ha.. cuti besar kong maso kantor ulang, kong bakarja ulang dua belas tahun lagi? Ha..haa..ha.. ambe jo ngana pe cuti bos!! (meloncat dari atas meja dan mengamuk) bangsat ngoni samua!, bangsat! So dua belas tahun kita bangong tiap pagi kong brangkat deng tergesa-gesa ke kantor ini. So dua belas tahun kita melakukan pekerjaan yang itu-itu delapan jam sehari! So dua belas tahun, dan akan berpuluh-puluh tahun lagi! Memang kita dapa bayar mahal untuk itu. Mar ini semua Cuma omongkosong!, ini bukang ngoni pe salah, ini semua Cuma omongkosong! Ngoni mangarti nyanda monyet-monyet!?. Cuma omongkosong!!

Pegawai I dan II
(mendesis)
Ungke so butul-butul jadi gila!!

Ungke
Sekarang kita so putuskan. Kita musti kaluar dari samua omongkosong ini. Kita musti secepatnya menyelamatkan diri dari kekonyolan ini! (perlahan mulai meninggalkan panggung). Selamat tinggal semua, selamat tinggal dunia omongkosong!

Pegawai I, II, dan Direktur
(berusaha membujuk)
Ungke,..

Direktur
Capat dusu pa dia. Ado kasiang torang nimbole kehilangan dia. Dia pegawai terbaik di kantor ini!! (menyusul pegawai I dan II mengejar Ungke)

Panggung masih berantakan. Kertas-kertas berhamburan tak beratur. Direktur memasuki panggung.

Direktur
Nda abis pikir kita. Butul-butul nya abis pikir. Manusia jaman skarang so mulai jadi lebe gila. So dapa karja bae-bae deng gaji basar mar masih blum puas. Huh,.. susah jo. Mar so bagitu no, mo beking apa le..


Pegawai I dan II
(memasuki panggung lalu mengucap serentak)
Selamat pagi Bos!!

Direktur
Eh, pagi. Bagimana kemarin dapa dusu jo pa Ungke?

Pegawai II
Adoh, so nyanda bos..

Pegawai I
Iyo. Torang so berusaha. Mar nintau da lari kamana sto dia.

Direktur
(menggeleng-gelengkan kepala dan menghembuskan bafas panjang)
Ungke..Ungke.. kiapa ngana jadi bagini kasiang. Eh, skarang ngoni manimpang dulu ini ruangan. So kurang sama deng kapal pica de pe model. Aktifitas kantor so musti bajalang normal ulang. Lupakan jo tu kejadian kemarin.

Pegawai I dan II memungut tumpukan kertas yang berserakan di lantai. Direktur mondar-mandir, masih tak habis pikir dengan peristiwa yang telah terjadi. Ungke tiba-tiba memasuki panggung dengan wajah ceria.

Ungke
(berteriak keras)
Pagi! he-he.. apa kabar samua di hari yang cerah ini. Oh, lagi sibuk beres-beres ini. (menghampiri direktur lalu menjabat tangannya) pagi bos,. Bos dapa lia gaga komang pagi ini no.

Direktur, pegawai I dan II terpaku sambil menatap Ungke dengan heran.

Direktur
(menepuk-nepuk pipi Ungke)
Ungke.. masih ngana ini!?, Wei, Ungke masih ngana jo ini?!!

Ungke
Tuangala, masa komang bos so lupa, ini kita Ungke, laki-laki gaga yang so dua belas tahun jadi bos pe pegawai kesayangan. He..he..he..

Direktur
Ungke,.. bilang kalamaring ngana so mo brenti karja?

Ungke
Kemarin? tunggu ee, kemarin kang? (menggaruk-garuk kepala) Oh.. kemarin itu.. hah.. sudahlah.. kemarin is kemarin, skarang kita mo bakarja ulang dengan semangat. Lupakan jo tu peristiwa yang so lalu. Skarang torang sama-sama tatap masa depan!

Direktur
Ungke, kiapa ngana so jadi manusia plin-plan bagini dang?

Ungke
Ha?.. plin-plan? Ha...ha..ha... namanya juga orang Indonesia. Bos rupa pura-pura nintau jo. Torang musti pertahankan identitas manusia Indonesia, plin-plan dan tak berpendirian, Iyo to Bos?!.

Pegawai I,II dan Direktur saling bersitatap bodoh. Ruangan hening seketika.

Direktur
(menghentikan keheningan)
Oke!. Nda usah talalu banya bapikir-pikir. Sekarang torang musti bersyukur karena Ungke, pegawai terbaik kantor ini so kembali ke pangkuan pertiwi.. ha... ha..ha.. (pegawai I dan II ikut-ikutan tertawa) skarang,.. torang musti rayakan kembalinya Ungke seperti yang dulu. Khusus hari ini kantor kita kase libur, torang beking pesta makang-makang, samua kita yang traktir. Setuju?...

Ungke, Pegawai I dan II
(berujar serentak)
Setuju......

Direktur
Hidup Ungke!!

Ungke, Pegawai I dan II
(berujar serentak)
Hidup!!!!!

Semuanya meninggalkan panggung dengan semangat.

0 komentar:

Posting Komentar